Resensi Buku : Untuk Apa Memulai Hal Bodoh? (di muat Majalah Salam Damai, September 2014)

cover hal bodoh“Anda tidak perlu menjadi orang hebat untuk memulai, tetapi anda perlu memulai untuk bisa menjadi hebat,”(Joe Sabah, Penulis dan Pembicara).

Setiap manusia punya impian atau cita-cita. Saat kecil kita dengan polos dan mantap menulis dan mengungkapkan impian kita itu kepada setiap orang. Hari berganti dan waktu berlalu. Setelah masuk sekolah, lulus dan mencoba mencari pekerjaan (atau wirausaha), kita baru bisa merasakan (arti hidup dan kehidupan yang saling berkelindan) bahwa semua impian yang kita tulis dan ungkapkan itu, ternyata tidak mudah di capai–bahkan mendekati mustahil.

Timbulah rasa putus asa, frustasi dan akhirnya menyerah. Kita mengubur dalam-dalam semua impian masa kecil itu, lalu hidup seperti orang rata-rata (baca : kebanyakan)–hidup sebagai orang kalah–dan tidak tahu akan berlangsung sampai kapan.

Penulis Baru Revolusioner

Adalah seorang Richie Norton: penulis baru yang muncul membawa ”obor” gebrakan, membongkar tuntas cara berpikir lama kita (konvensional), sehingga tampil mengemuka menjadi baru; tentu dengan cara baru (revolusioner, kreatif, inovatif) dan sudah teruji; yang jarang dibahas di buku-buku lain sejenis.

Buku yang terdiri dari 4 bagian (bab) ini, ber-narasi dengan runtut dan runut (disertai kisah-kisah inspiratif yang mencerahkan)–bagaimana cara keluar sebagai pemenang atas “takdir” kita dan bukan (hanya) menjadi victim (korban) situasi sekeliling kita.

Impian atau cita-cita masa kecil kita, sering di-labeli ”bodoh” (baik karena kejumawaan dan cemooh sinis orang lain, maupun hasil paranoid pribadi kita sendiri) ketika beranjak dewasa. Sehingga kita memilih diam ditempat (walau sebenarnya punya keinginan sangat kuat untuk melakukan sesuatu) hanya karena takut nanti di cap “bodoh.”

Banyak orang juga terperangkap dalam alasan “Celah W.P.U”(tak ada waktu, tak ada pendidikan, tak ada uang) yang menjadi “cridho”mereka dan pembenaran diri, mengapa hidup tidak sukses dan mengapa “keadaanya”masih seperti itu (hal 61).

Mulai Dengan Pelayanan

Orang sekaliber Stephen M. R. Covey (penulis buku terlaris versi New York Times, The Speed Of Trust) sangat nyata merekomendasikan buku ini. Hal ini jelas tersurat dan tersirat pada awal buku (baca : Kata Pengantar), “START–istilah yang diciptakan Richie–yang menunjukkan bagaimana orang-orang sukses Serve (melayani), Thanks (berterima kasih), Ask (bertanya), Receive (menerima), dan Trust (mempercayai).”

Prinsip-prinsip ini ketika dipraktikkan, (tentu) setelah kita berani memulai “ide bodoh,” terbukti sangat manjur bagi semua orang dan organisasi yang ingin menginisiasi dan menginspirasi : revolusi kreatifitas, inovasi dan pengaruh.

Ketika banyak orang terus mengeluh, resah dan berkeluh kesah; tentang masalah modal (baca : dana awal) untuk memulai suatu usaha–(di hal 193)–Steve Hargadon justru membagi kiat suksesnya yang hampir (menindih) berbanding terbalik dengan “tips sukses orang awam” pada umumnya yaitu : Pergilah-berilah-terimalah!

Ia berkata bahwa: “Memulai dengan pelayanan, telah membentuk kembali karier saya, dan membuka sangat banyak kesempatan untuk melakukan hal baik bagi orang-orang yang saya sayangi, serta peluang untuk dibayar (dengan) melakukan hal yang saya sukai.”

Apapun ide anda (hal bodoh), mulailah dengan pelayanan. Sambil “eling” dan terus menjaga integritas terhadap nilai-nilai mulia yang kita pegang teguh. Dan perhatikan baik-baik, kemana hal itu akan mengangkat dan membawa anda!

             (*) Penulis : Agung Pramudyanto

                                    Pendiri Pamulang

(Paguyuban Pembaca dan Penulis Magelang)

DATA BUKU

Judul                 : Kekuatan Dalam Memulai Hal Bodoh

Penulis               : Richie Norton

Penerbit            : PT Gramedia Pustaka Utama

Cetakan             : 2014

Tebal                 : xviii + 284 halaman

ISBN                 : 978-602-03-0145-7

Iklan

Tentang agungpramudyanto

Penulis sosial, seni, budaya
Pos ini dipublikasikan di resensi buku dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s