Pengamat: Tiga Drama SBY di UU Pilkada

sby 2INILAHCOM, Jakarta – Penolakan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), yang juga Ketua Umum Partai Demokrat, terkait pengesahan UU Pilkada, adalah sebuah drama.

Hal itu bisa dilihat dari sikap Partai Demokrat sejak awal.

“Itu lagi-lagi drama politik jelek ketiga. Jelek pertama perubahan sikap Demokrat yang awal mendukung. Drama kedua, Demokrat walkout yang untungkan KMP (Koalisi Merah Putih). Kemudian drama lagi seolah-olah dia nggak setuju sikap Demokrat karena dia berat tanda tangan,” kata peneliti senior Indonesia Public Institute, Karyono Wibowo, di Jakarta, Minggu (28/9/2014).

RUU Pilkada disahkan melalui Paripurna DPR yang berlangsung alot, Jumat (26/9/2014) dini hari. Karena Demokrat walkout, sehingga KMP yang mengusulkan pilkada melalui DPRD, menjadi pemenang.

Menurut dia, hal itu dilakukan SBY dan petinggi Partai Demokrat, untuk memberikan nilai tawar pada Jokowi-JK.

Namun demikian, sayangnya dia tidak merinci nilai tawar apa yang dimaksud.

“Rakyat sudah makin tahu siapa PD dan SBY yang sikap politiknya bermain dua kaki. Tidak jelas jenis kelamin dan tidak konsisten. Itu tidak cukup efektif redam kemarahan rakyat,” ujar dia.

Saat dipertegas nilai tawar yang dimaksud, dia menduga ada posisi penting yang menjadi tawaran. Sebab, selama 10 tahun SBY menjadi presiden, meninggalkan beberapa permasalahan yang tidak boleh keluar.

“Bisa juga posisi jabatan tertentu yang diperjuangkan. Bisa juga masalah kasus-kasus disangkakan pada dirinya. Bisa juga soal kebijakan diambil supaya bisa dilanjutkan Jokowi-JK,” ujar dia. [gus]

Iklan

Tentang agungpramudyanto

Penulis sosial, seni, budaya
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s