Mari Bertanya Asal-usul Harta Ketua DPR dan Ketua MPR pada PPATK dan KPK

mpr dan dprTRIBUNNEWS.COM – Peneliti Indonesian Institute for Development and Democracy (INDED), Arif Susanto menilai wajar jika publik meragukan integritas dua pimpinan parlemen yakni, Setya Novanto sebagai ketua DPR RI dan Ketua MPR, Zulkifli Hasan.

Apalagi jika melihat dua tokoh politik dari koalisi merah Putih (KMP) itu beberapa kali terlihat diperiksa oleh Komisi pemberantasan Korupsi (KPK).

Karena itu, menurut Arif Susanto, wajar pula publik menantang Setya Novanto dan Zulkifli Hasan membuktikan integritasnya dengan membuktikan harta kekayaannya berasal dari hasil kerja yang legal.

“Saya Ingin menantang dua ketua kita ini, Zulkifli Hasan dan Setya Novanto. Saya Ingin menantang kedua orang ini untuk membuktikan integritasnya bukan dengan cara seperti Anas Ubaningrum. ‘Kalau Korupsi satu rupiah saja. Mereka Siap digantung.’ Bukan bukti seperti itu,” tegas Arif dalam Diskusi bertajuk “Politik Bohong dan Jegal-jegalan: Mampukah Jokowi Bertahan?”, di Cikini, Jakarta, pada Minggu (12/10/2014).

Menurutnya, adalah hak publik untuk meminta PPATK dan KPK serta para penegak hukum untuk membuka dan menjelaskan asal harta kekayaan Zulkifli Hasan dan Setya Novanto Memang berawal Dari hasil kerja halal.”Mari kita tanya PPATK, kita tanya KPK, dan para penegak hukum ‘benarkah bahwa harta kekayaan yang dilaporkan oleh dua figur ini, adalah harta yang memang dihasilkan dari usaha-usaha yang legal?” Demikian menurutnya.

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara yang dirilis KPK, kekayaan Zulkifli Hasan pada 2013 mencapai Rp 24,43 miliar dan US$ 50 ribu. Nominal itu bertambah sekitar Rp 600 juta dan US$ 50 ribu sejak jadi Menteri Kehutanan.

Sedangkan, pundi-pundi kekayaan Setya Novanto mencapai Rp 73 miliar dan US$ 17.781 per 2009. Jumlah itu naik 100 persen dari hartanya pada 2001 yang bernilai Rp 35 miliar.  (Andri Malau)

Iklan

Tentang agungpramudyanto

Penulis sosial, seni, budaya
Pos ini dipublikasikan di berita, politik dan tag , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s