Agenda event KOTA TOEA MAGELANG – Kamis 6 NOVEMBER 2014 dengan tema “MELACAK TOPONIM NAMA KAMPUNG TEMPO DULU DI KOTA MAGELANG”

KOTA TOEA MAGELANG

Agenda KOTA TOEA MAGELANG – 6 NOVEMBER 2014

Wilayah Kota Magelang sudah menjadi pemukiman sejak seribu tahun yang lalu. Dengan di kelilingi oleh 7 gunung dan 2 sungai besar menjadikan wilayah subur ini menjadi tempat hunian yang nyaman. Dari mulanya hanya beberapa rumah saja maka menjelma menjadi sebuah dusun, desa, kademangan dan seterusnya hingga menjadi kota seperti sekarang ini. Dari jaman Hindu, Budha, kolonial, kemerdekaan dan sampai kini tempat ini menjadi wilayah penting di masanya.

Nama-nama kampung pun bermunculan dengan nama-nama yang di ambil sesuai kondisi di saat itu dengan berlatar belakang nama tokoh, golongan, pekerjaan, tetumbuhan, tempat, peristiwa, kondisi geografis, dll. Seperti halnya Kebonpolo, Botton Kopen, Meteseh, Potrobangsan, Cacaban, Ngupasan, Kemirirejo, Tegalsari, Magersari, Jaranan, Pawirokusuman, Badaan, dan lain-lain.

Lalu seperti apakah sebenarnya asal mula / toponim penamaan kampung-kampung tua di masa lalu di wilayah Kota Magelang? Anda penasaran dan ingin tahu tentang asal mula penamaan kampung-kampung tersebut?

Ayo…

Lihat pos aslinya 136 kata lagi

Iklan

Tentang agungpramudyanto

Penulis sosial, seni, budaya
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s