Ini yang Membuat Presiden Jokowi Jengkel

jokowi 1TEMPO.CO, Yogyakarta – Saat membuka Festival Antikorupsi 2014 di Grha Sabha Pramana, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Selasa, 9 Desember 2014, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengaku jengkel dengan proses perizinan di pemerintah pusat dan daerah yang masih saja lelet. Di depan empat pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi, Jokowi mengatakan perizinan yang lelet pertanda adanya praktek korupsi.

“Mau cepat, harus bayar pungutan,” kata Jokowi di Grha Sabha Pramana, Selasa, 9 Desember 2014. (Baca juga: Hanya KAMMI yang Mendemo Kunjungan Jokowi)

Karena itu, dua pekan lalu Jokowi memerintahkan semua gubernur agar membuka pelayanan izin satu atap yang bisa menuntaskan sebagian besar permintaan perizinan hanya dalam sehari. Jokowi juga meminta semua gubernur menyampaikan perintah itu kepada para bupati dan wali kota. “SIUP (surat izin usaha perdagangan) itu isinya cuma enam kolom informasi, empat menit selesai diketik, yang lama biasanya di tanda tangan,” kata Jokowi. (Baca juga: Jokowi Tak Disambut Siswa di Yogyakarta  )

Saat menjadi Gubernur DKI Jakarta, Jokowi menyatakan menemukan fakta itu. Suatu kali, Jokowi pernah mengecek langsung proses perizinan SIUP di DKI Jakarta dan menerima informasi bahwa kelambanan terjadi karena surat mandek di meja kepala kantor perizinan. “Tapi, pejabat yang di atas pas tidak ada. Kalau ada, enggak tahu mau saya apakan. Jengkel saya,” kata Jokowi. (Baca juga: Jokowi Kuliahi Mahasiswa UGM Soal Pembangunan  )

Jokowi menambahkan, percepatan proses perizinan menjadi salah satu strategi reformasi birokrasi yang bisa mencegah korupsi. Penerapannya di sistem anggaran, pajak, dan pembayaran pemerintah akan melengkapi proses itu. “Ini mudah, semua orang bisa, asal ada niat,” kata Jokowi.

Tentang agungpramudyanto

Penulis sosial, seni, budaya
Pos ini dipublikasikan di berita, politik dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s